HOME
Home » Kecap Majalengka » Makanan Khas Majalengka » Oleh-Oleh Majalengka » Apakabar Kecap Majalengka?

Apakabar Kecap Majalengka?

Posted at Juli 27th, 2015 | Categorised in Kecap Majalengka, Makanan Khas Majalengka, Oleh-Oleh Majalengka

Dulu saat masih kecil hingga duduk di bangku SMP , teman makan yang paling enak dan tidak ada duanya adalah dengan mencampur nasi dengan kecap Kadipaten yang gurih dan sedap. Tanpa ditambah lauk pauk yang lainpun, rasanya sudah cukup untuk makan hari itu. Saya yang orang kadipaten, lebih suka dengan kecap produk kadipaten seperti kecap cap sate atau cap matahari keluaran Tjia Tjoen Teng dibandingkan dengan kecap Majalengka hehe.. Mungkin karena di pasar kadipaten lebih tersedia kecap lokal tingkat kecamatan kadipaten

Tahun 1990 saya masuk SMA , perbendaharaan kecap bertambah, karena sekolah SMA saya di Majalengka. Jadi mulai kenal dengan kecap Majalengka seperti Kecap Maja Menjangan Majalengka , atau Kecap segitiga Majalengka. Jika membandingkan antara kecap Kadipaten dengan kecap Majalengka, rasanya hampir mirip, sama-sama gurih dan sedap. Bedanya kecap Majalengka itu lebih kental dan lebih hitam.

Setelah hampir 20 tahun melanglangbuana pindah ke daerah lain, saya pulang ke Majalengka, sepertinya sudah banyak berubah. Kecap-kecap produksi Jakarta membanjiri pasar-pasar dan minimarket di Majalengka dan sekitarnya. Pelan-pelan kecap lokal majalengka mulai terpinggirkan. Di rumah-rumah mungkin lebih banyak tersaji kecap bermerk yang sering nongol di TV dan radio. Pertanyaannya adalah kemana produk-produk kecap produksi Majalengka yang notabene dari cita rasa lebih enak rasanya?

Dahulu di masa kejayaan tahun 80-an sampai pertenghan tahun 90-an nama kabupaten Majalengka harum karena kecapnya yang terkenal ke beberapa daerah, sehingga terkenal dengan sebutan Kota Kecap, bukan kota angin atau kota pensiunan seperti sekarang. Kecap Majalengka adalah kecap legendaris yang pernah ada dan semoga tetap langgeng karena usianya yang sudah puluhan tahun dan diproduksi secara tradisional.

Kalau bicara kecap Majalengka tentu tidak  lepas dari dua merek kecap yang sangat melegenda di Majalengka, yaitu cap Maja Menjangan disingkat MM dan kecap cap Segi Tiga. Keduanya made in asli Majalengka, dan diproduksi secara rumahan dan turun temurun.

Kecap Maja Menjangan MajalengkaPelopor Kecap Majalengka adalah Kecap cap Maja Menjangan / MM jadi merupakan kecap paling tua di Majalengka. Mulai diproduksi pada 1940, oleh seseorang bernama H Saad Wangsadidjaja. Dari tangan H Saad itulah, kecap Maja Menjangan (MM) hingga kini masih terus bertahan dan disukai lidah masyarakat.

Sementara kecap cap Segi Tiga mulai diproduksi pada 1958. Ketika itu ada tiga orang pemerakarsa terciptanya kecap cap Segi Tiga. Mereka adalah H Lukman, Endek, dan Aman. Dari tiga orang itulah kemudian tercetus merek Segi Tiga.

Ada 3 macam kecap yang diproduksi yaitu kecap asin, manis sedang, dan kecap manis. Pada tiga rasa itu, cita,rasa kedelai hitamnya benar-benar terasa.Kalau saya lebih suksa kecap manis sedang, karena rasanya ajib sekali menimbulkan sensasi rasa yang luar biasa.

Kecap segitiga MajalengkaAda hal menarik lainnya selain rasa kedelai yang kental dan rasanya yang gurih, ternyata dua merek kecap asli Majalengka itu juga tahan lama disimpan. Bahkan bisa bertahan sampai dua tahun. Padahal, dua merek kecap itu dibuat tanpa bahan pengawet.Agar kecap bisa bertahan lama, sang produsen memiliki cara tradisional. Bukannya mencampurkan bahan pengawet kimia, namun mencampurkan garam dalam jumlah banyak pada olahan kecap saat proses fermentasi. Luar biasa kecap tradisional ini. Sudah enak, bebas dari pengawet yang bisa menimbulkan penyakit ini.

Pegawai di bagian pemasaran kecap cap Segi Tiga, Yana, mengatakan bahwa garam dalam jumlah banyak saat fermentasi mampu menjadi bahan pengawet alami agar kecap tak mudah basi.

Ingin kecap Maja Menjangan dan Kecap Cap Segitiga Asli Majalengka ? Anda bisa mendatangi pabriknya langsung . Maja Menjangan Majalengka, alamatnya di  Jl. Suha No.209&204 Majalengka. Telp: (0233) 281580 sedang Cap Segitiga alamatnya di daerah tonjong atau di Jalan Abdul Halim No 265 Majalengka . Dua merek kecap tersebut dikemas dalam botol bir dengan berbagai ukuran. Ada isi 140 mililiter (ml), 250 ml, 300 ml, 500 ml, dan 600 ml. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai Rp 3.400 hingga Rp 11.000 per botol.

Comment Closed: Apakabar Kecap Majalengka?

Sorry, comment are closed for this post.

Related Post to Apakabar Kecap Majalengka?

festival durian sinapeul sindangwangi majalengka 2017

Festival Duren Sindangwangi Majalengka Yang Gagal Total

Posted at 11/12/2017

Yang kebayang namanya festival durian adalah makan bareng sepuasnya dengan harga tiket yang murah. Tapi ternyata slogan festival durian sindangwangi di Majalengka yang tertera... Read More

makanan khas majalengka jalakotek

10 Makanan Khas Majalengka Yang Bikin Penasaran

Posted at 06/02/2017

Pernah mencicipi Makanan Khas Majalengka, Jawa Barat ? Kalau yang pernah atau sering bepergian wisata atau karena pekerjaan ke Majalengka sepertinya harus mencicipi aneka... Read More

jalakotek makanan khas majalengka

Jalakotek Makanan Khas Majalengka

Posted at 19/01/2017

Apakah jalakotek termasuk dalam daftar makanan khas majalengka? Kalau mengacu ke nama makanan dan bahan dasar serta isinya, hampir bisa dipastikan betul.  Jalakotek kalau... Read More

makanan khas majalengka mangga gedong gincu asli

Mengapa Mangga Gedong Ginju Majalengka Paling Enak?

Posted at 15/02/2016

Banyak yang nanya kepada saya, mengapa mangga gedong ginju Majalengka paling enak di antara mangga gedong gincu lainnya ? inilah pertanyaan yang menggilitik saya... Read More

makanan buah duwet khas majalengka

Buah Duwet Khas Majalengka

Posted at 14/10/2015

Waktu kecil , sekitar tahun awal 1980-an , saya sering berburu buah duwet yang khas ini di beberapa tempat di Majalengka. Kadang di kebun-kebun... Read More